Rekomendasi Film: The Prestige (2006)




Film selanjutnya yang akan gue bahas adalah The Prestige (2006) Film ini di sutradai oleh sutradara yang terkenal bikin film masterpiece, yaitu Christoper Nolan. Film ini dibintangi artis-artis papan atas seperti Christian Bale, Hugh Jackman, dan Scarlett Johansson. Yup ini adalah salah satu film dimana Nolan dan Bale berkolaborasi selain film Batman, tentunya tidak akan mengecewakan hingga mendapat rating IMDB 8.5.

Latar film ini adalah di awal tahun 1900-an tentang ambisi dua orang pesulap untuk menjadi yang terbaik. Alur ceritanya maju-mundur sehingga membuat bingung di awal-awal film. Alfred Borden (Christian Bale) dan Robert Angier (Hugh Jackman) pada awalnya adalah rekan kerja disebuah klub sulap yang sering tampil dipanggung.

Borden, Julia, dan Angier saat masih menjadi rekan kerja


Namun suatu hari, saat sedang menampilkan pertunjukkan sulap dipanggung, Borden salah mengikat tali simpul di tangan Julia (istrinya Angier, yang juga staff klub sulap) sehingga Julia yang dengan keadaan terikat tidak bisa meloloskan diri dari akuarium yng berisi air dan akhirnya meninggal.

Angier dan Olivia di panggung


Semenjak saat itu, Angier sangat membenci Borden dan akhirnya melanjutkan karir sulap mereka secara terpisah. Kebencian Angier tidak pernah menghilang dan Angier selalu ingin menghancurkan pertunjukkan sulap Borden dan ingin mengetahui trik sulapnya. Borden yang kesal akhirnya membalas Angier, dan mereka selalu berusaha menghancurkan satu sama lain. Suatu hari, Borden menunjukkan suatu aksi sulap yang sederhana tapi memukau yaitu Borden masuk ke sebuah pintu dan kemudian muncul di pintu sebrangnya (The Transported Man). Pada zaman tersebut, hanya Borden yang mampu melakukannya dan Angier pun ingin mencuri ide tersebut hingga terobsesi. Lalu Angier menemui seorang penemu arus listrik bolak-balik, Nicholas Tesla untuk mencari ide trik sulap yang mirip dengan Borden.

Borden di panggung The Transported Man


Borden dan Angier sama-sama berhasil menjadi pesulap terkenal namun kehidupan pribadi mereka tidak berjalan lancar. Angier terobsesi dengan trik sulap Borden hingga membuat dirinya berubah, dan hubungan Borden dengan istrinya yang bernama Sarah tidak harmonis karena munculnya Olivia (Scarlett Johansson) yang merupakan asisten pesulap.

Borden dan Olivia di panggung


Bagaimana endingnya? Sangat tidak terduga. Penonton akan merasa ditipu habis-habisan setelah menonton selama 2 jam terkait dengan trik sulap Borden. Di akhir film, baik Borden dan Angier sama-sama mangklaim bahwa mereka telah berkorban banyak demi menjadi pesulap yang sukses. Namun, pengorbanan siapakah yang labih besar?

Borden, Sarah, dan anaknya


Setelah mmenonton film ini, gue jadi penasaran dengan Tesla, dan voila! Ternyata hidup Tesla sangat tidak menyenangkan walaupun Ia merupakan penemu arus bolak-balik yang sampai sekarang terus digunakan. Tesla hidup dibawah ancaman Thomas A. Edison yang merupakan penemu arus searah. Di film The Prestige pun, Tesla digambarkan sedang dikejar-kejar Edison. 

Hal menarik lainnya adalah soundtrack di bagian creditnya. Setelah ending yang bikin tertegun, suara merdu Thom Yorke (vokalis Radiohead) mangalun menyanyikan lagu Analyse yang agak dark dan serius seperti film The Prestige.

Quotes film The Prestige cukup banyak yang bagus, dan favorit gue adalah dua ini:


“Now you are looking for the secret. But you won’t find it because of course, you’re not really looking. You want to be fooled.”



“Sarah: Do you love me?

  Borden:  Not Today, no.”



Dari film ini gue ngerasa kalau kita sebenernya tau bahwa sulap itu pasti pakai trik-trik tertentu yang bisa dipelajari. Tapi disitulah serunya, kita bakal menikmati pertunjukkan sulap kalau kita ga sibuk ngebongkar trik sulap tersebut.

Cerita tentang dunia persulapan punya ketertarikan tersendiri buat gue. Cerita tentang sulap yang udah gue tamatin ada beberapa variasi seperti webtoon Anarasumanara, novel Midnight Circus, dan film Now You See Me 1&2.

Sekian ;)

Comments

Popular posts from this blog

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Depok

Rekomendasi Film: The Departed (2006)

A Whisker Away, Film Netflix tentang Manusia yang Menjadi Kucing