Rekomendasi Film: Gone Girl (2014)



Poster Gone Girl, IMDB





Gone Girl merupakan film tahun 2014 yang bergenre misteri psikologikal. Film ini dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike. Film ini diadaptasi dari novel Gone Girl karya Gillian Flynn yang merupakan penulis skenario  film ini. Film Gone Girl mendapat rating 8.1 dari IMDB.

Gone Girl, dari judulnya sudah memberi kan bayangan kalau film ini menceritakan seorang gadis yang hilang. Namun walau tertulis ‘girl’, sebenarnya film ini menceritakan tentang seorang istri yang tiba-tiba menghilang. Nick Dunn (Ben Affleck) dan Amy Dunn (Rosamund Pike) adalah sepasang suami istri yang tinggal di Missouri (pinggiran kota). Mereka berdua berprofesi sebagai penulis yang dipertemukan di New York. Amy merupakan gadis berbakat dan pintar. Masa kecil Amy yang gemilang tertulis dalam buku ‘Amazing Amy’ yang ditulis oleh orang tuanya, walaupun sebenarnya kisah masa kecilnya terlalu dibuat-buat sehingga terlihat memukau.


Pertemuan awal Nick dan Amy


Buku Amazing Amy


Hubungan awal mereka cukup lovey-dovey seperti pasangan pada umumnya. Lalu hubungan mereka berubah menjadi tidak harmonis semenjak kepindahan mereka ke Missouri karena ingin menemani ibu Nick yang sedang sakit. Permasalahan mereka cukup beragam, seperti pekerjaan Nick yang belum stabil di Missouri hingga perselingkuhan Nick dengan mahasiswinya. Perlakuan dingin dan semena-mena Nick kepada Amy membuat Amy tertekan hingga  ia takut pada suaminya  sendiri. Bahkan dalam monolognya Amy berkata “I’d better sleep with a gun”.


Pertengkaran Nick dan Amy


Di saat hari anniversary ke-5. Nick yang baru saja pulang dari bar tempat saudara kembarnya Margo, mendapati rumahnya berantakan, lalu Ia mencari Amy di dalam rumah.  namun tidak ada. Akhirnya Nick menelpon polisi dan tak berselang lama Detektif Rhonda datang untuk memeriksa tempat kejadian perkara. Setelah pemeriksaan singkat, ditemukan bercak darah di dapur. Adanya dugaan tindak kekerasan membuat Detektif Rhonda menyelidiki kasus hilangnya Amy sesegera mungkin (karena biasanya kasus orang hilang ditangani setelah 24 jam  hilang). Demi penyelidikan, Nick tidak boleh tidur dirumahnya dan menginap di tempat Margo. Di tempat Margo, Nick mendapat ‘kunjungan’ dari selingkuhannya walau sang istri sedang tidak jelas keberadaannya.


Detektif Rhonda memeriksa ruang tamu yang berantakan di hari Amy menghilang


Di rumah Nick, Detektif Rhonda menemukan sebuah surat dari Amy yang bertuliskan ‘Clue One’. Setelah menanyai Nick, clue tersebut merupakan bagian dari permainan pencarian kado anniversary dari Amy untuk Nick. Permainan tersebut merupakan tradisi Nick dan Amy di setiap hari anniversary. Dari ‘Clue One’ tersebut ditemukan clue-clue lainnya yang membuat  Detektif Rhonda mencurigai Nick dan semakin menjadi ketika ditemukan buku diary Amy yang berisi kesedihan dan ketakutan Amy terhadap Nick. Akhirnya semua orang disibukkan untuk mencari Amy, The Amazing Amy.

Detektif Rhonda menemukan clue pertama dari Amy


Pencarian besar-besaran Amy


Apakah Amy masih hidup? Siapakah yang membuat Amy menghilang? Bagaimana nasib pernikahan Nick-Amy? Endingnya? Bikin merinding! Ini bukan film horor tapi endingnya bikin gue takut. Endingnya gak bisa dibilang happy, tapi gak sad juga, misteri terpecahkan tapi malah bikin takut bukannya lega. Poin penting disini adalah pentingnya kejujuran, jujur dengan pasangan dan yang lebih penting jujur pada diri sendiri.

Quotes dari Gone Girl kebanyakan dark, sedih dan tentang unhappy marriage. Contohnya ini:


“We were  happy pretending to be other people. We were the happiest couple we knew. And  what’s the point  of being together if you’re not the happiest?”

“Part of me was relieved when i thought she was gone”


Selain Gone Girl, ada film The Girl on The Train yang juga bergenre misteri dan psikologikal. Film The Girl on The Train diadaptasi dari novel karya Paula Hawkins. The Girl on The Train secara garis besar menceritakan seorang mantan istri yang selalu melewati rumah mantan suaminya saat berpergian naik keretahingga suatu kejadian tak terduga terjadi. Walaupun sejenis tapi gue pribadi lebih suka dengan Gone Girl karena karakternya lebih abu-abu, masing-masing karakter memiliki sisi jahat dan sisi yang patut dikasihani juga.

Sekian ;)

Comments

Popular posts from this blog

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Depok

Rekomendasi Film: The Departed (2006)

A Whisker Away, Film Netflix tentang Manusia yang Menjadi Kucing