Rekomendasi Film: The Departed (2006)


Poster The Departed (2006)


Oke sekarang gue akan membahas film The Departed (2006). Film ini dibintangi aktor favorit gue, yap, Leonardo DiCaprio dan juga Matt Damon. Film yang berdurasi 2 jam 31 menit menceritakan tentang polisi yang mengejar bandar narkoba. Kasusnya terlihat simple tapi ada sentuhan ‘drama’ yang bikin complicated. Rating IMDB The Departed cukup bagus yaitu 8.5.

Seorang polisi bernama Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) ditugaskan untuk menjadi mata-mata dibandar narkoba karena latar belakang keluarganya yang kriminal. Di sisi lain, Collin Sulivan (Matt Damon) dibesarkan oleh Frank yang merupakan seorang bandar narkoba. Collin masuk kepolisian untuk memudahkan pergerakkan bandar narkoba Frank.


Billy di tempat bandar narkoba


Collin di kepolisian

Seiring berjalannya waktu, kedua kubu menduga bahwa ada polisi yang pura-pura menadi kriminal dan ada kriminal yang pura-pura menjadi polisi. Billy dan Collin tidak mengetahui identitas satu sama lain dan rahasia mereka masih aman walau berada di tempat musuh. Billy menjadi kepercayaan Frank (bos bandar narkoba) dan Collin memiliki karir gemilang di kepolisian. Collin juga menjadi ketua tim penggrebekan bandar narkoba.

Billy dan psikolog


Penggerebekan bandar nakoba


Konflik di film ini tidak hanya sekedar tentang aksi kucing-kucingan antara kepolisian-bandar narkoba, tetapi juga tentang masalah pribadi Billy-Collin yang mulai stress karena harus menjalani dua kepribadian. Selain itu kehadiran seorang psikolog wanita tempat konsultasi Billy dan Collin  membuat film ini semakin menyentuh.

Bagaimana dengan endingnya? Sangat tidak terduga dan bakal membuat lo ternganga di 5 menit terakhir film. Dari klimaks ke ending terasa sangat cepat. Apakah Collin akan membantu Billy memberantas bantar narkoba? Apakah Billy akan kembali menjadi polisi? I won’t tell you the details because you have to watch this movie!

Lalu ini ada salah satu dari quotes The Departed, dari percakapan Collin dan Frank di awal-awal film, yang menurut gue menginspirasi Collin waktu kecil:



“When i was your age, they said you can be cops or criminals. Today what I’m saying to you is this: When you are facing a loaded gun, what’s the difference?”

Pertama kali  gue nonton film ini di  RCTI tapi udah ditengah-tengah, gue gak tau awalnya tapi gue terus tonton sampe akhir karena seru banget. Akhirnya gue nonton lagi pas udah kuliah dan The Departed jadi film favorit gue. The Departed memenangi Golden Globes kategori Best Director (Martin Scorsese), tapi sayangnya DiCaprio hanya masuk nominasi best actor.

Film-film DiCaprio selalu masuk box office, yang udah gue tonton: Titanic (berkali-kali di tv), Catch Me If You Can, Inception, Shutter Island, The Wolf of Wallstreet (ewww sih), The Great Gatsby (diadaptasi dari novel) dan The Departed. Semuanya keren dan endingnya selalu tidak biasa, bahkan cenderung gak happy ending. Dari film-film tersebut yang paling emosional emang The Departed.

Sekian  ;)

Comments

Popular posts from this blog

Berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Depok

A Whisker Away, Film Netflix tentang Manusia yang Menjadi Kucing