Berkunjung ke Perpustakaan Umum Kota Depok



Gedung Perpustakaan Umum Kota Depok



Hai! Kali ini gue akan menceritakan pengalaman pertama gue ke Perpustakaan Umum Kota Depok yang terletak di Balaikota Depok. Letak perpustakaan yang berada di balaikota cukup strategis karena berdekatan dengan Terminal Depok sehingga dapat dicapai dengan satu kali naik angkot dari berbagai daerah di Depok. Posisi gedung perpustakaan dari pintu masuk Balaikota berada di kanan dan merupakan gedung yang paling depan.


Lantai 1 Perpustakaan


Jadwal buka perpustakaan adalah setiap hari dari jam 08.00 hingga jam 15.00, namun khusus  hari Jumat tutup  jam 16.00. Perpustakaan terdiri  dari 3 lantai yang memiliki ruang beragam.

  • Lantai 1: Ruang bermain anak yang terdapat ayunan dan perosotan, auditorium
  • Lantai 2: Ruang koleksi buku
  • Lantai 3: Ruang buku referensi, Depok corner (ruang kliping),  ruang teater


Tujuan utama gue ke perpustakaan adalah untuk melihat koleksi buku, jadi langsung menuju lantai 2. Sebelum memasuki ruang koleksi, tamu yang datang harus mengisi daftar hadir dan menitipkan tas yang dijaga adik-adik SMA yang sedang PKL. Makanan dan minuman tidak boleh dibawa ke dalam, namun benda-benda lain yang sekiranya penting seperti laptop dapat dibawa namun tidak boleh menggunakan tas. Untuk mamasuki ruang koleksi tidak perlu kartu keanggotaan, tetapi jika ingin menggunakan komputer dan meminjam buku harus menggunakan kartu keanggotaan.


Ruang Koleksi Buku Lantai 2 (Di dalam dilarang foto, jadi tampak luar aja ya)


Ruangan koleksi buku dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Rak-rak koleksi buku yang berjumlah <15 rak.
  • Satu set sofa untuk membaca
  • Meja kotak dengan 4-6 kursi
  • Meja-meja komputer yang berjumlah <10
  • Bilik-bilik membaca yang cukup banyak.

Koleksi buku di ruangan ini cukup beragam seperti buku pelajaran, psikologi, hukum, marketing, politik dan sejarah, resep masakan, novel dan jenis lainnya. Banyak buku-buku populer dan karya dari penulis ternama, namun belum terlalu update.

Judul-judul yang gue liat seperti:
  • Politik dan hukum: Thailand: The Modernization of a Bureaucratic Polity, British Government, American Polity. Menghadang Nagara Gagal (Dr. Adhyaksa Dault)
  • Marketing: Marketing Research, The Power of Persuasion, Indonesian Customer Satisfication
  • Sejarah: Perang Eropa, Babylonia, The Western Experience
  • Psikologi: Anger Management, Law of Attraction, Memori Inteligen, Penyembuhan Emosi
  • Novel: Novel karya Dan Brown (Inferno & Benteng Digital), Novel karya Agatha Chstie (Pembunuhan di Mesopotamia &   Pembunuhan di Balik Kabut), Novel karya Nicholas Spark, Novel karya Enid Blyton (Lima Sekawan & judul lainnya yang cukup banyak), Novel karya Andrea Hirata (series Laskar Pelangi), Novel karya Dee Lestari (series Supernova namun tidak lengkap & Madree)
  • Dan buku-buku lainnya,
Suasana di ruang koleksi nyaman, bersih, ber-AC, dan kondusif. Terdapat banyak tempat duduk dengan pilihan sofa, kursi, dan kursi ber-roda yang empuk. Mayoritas pengunjung adalah anak SMA yang untungnya tertib peraturan dan tidak berisik.

Setelah selesai membaca buku, kita tidak perlu menaruh kembali di rak, cukup taruh di kotak book drop. Di ruang koleksi juga terdapat komputer yang dapat digunakan untuk berinternet ria selama 1.5 jam dalam sehari. Jika ingin menggunakan laptop sendiri, dapat menggunakan meja komputer yang cukup luas dan terdapat colokan.


Novel Agatha Christie


Setelah mengamati ruang koleksi dan melihat-lihat rak buku, akhirnya gue memutuskan untuk membaca novel karya Agatha Chstie dengan judul 'Pembunuhan di Balik Kabut'. Novelnya berukuran kecil dan berjumlah sekitar 320 halaman sehingga dapat dibaca beberapa jam saja. Lalu gue mencoba untuk menggunakan wifi Pemkot Depok namun sulit untuk terhubung (entah koneksinya lagi susah atau emang HP gue yang rada-rada).

Overall, Perpustakaan Umum Kota Depok nyaman buat belajar, baca buku, dan ngerjain tugas. Bisa jadi referensi tempat nugas selain perpus UI atau cafe, namun wifinya belum oke dan sulit untuk mencari tempat makan (mungkin ada kantin balaikota kalau kita mau nyari).

YUK BUDAYAKAN MEMBACA!!!! Yang punya buku-buku layak baca juga bisa loh disumbangkan.



Sekian ;)

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Film: The Departed (2006)

A Whisker Away, Film Netflix tentang Manusia yang Menjadi Kucing